Jumat, 21 Oktober 2016

artikel VOIP Infrastruktur Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Over Internet Protocol
Merupakan suatu cara berkomunikasi dengan mengirimkan paket-paket suara melalui jaringan internet dengan memamfaatkan protokol. Atau Void merupakan suatu teknologi yang mamfu melewatkan trafik suara, vidio dan data secara real time,dengan mengubah nya kedalam bentuk digital,dan dikelompok kan menjadi paket-paket data yang dikirim dengan menggunakan platfrom IP (Internet Protokol).

Perbedaan antara teknologi void dengan teknologi PSTN adalah informasi suara yang di trasmisikan dalam bentuk paket dimana penduduk kanal tidak terjadi secara terus menerusseperti pada layanan PSTN,sehingga kanal nformasi dapat diisi oleh jenis layanan lain.dengan adanya teknologi voip,kita dapat melakukan komunikasi suara dengan memamfaatkan jaringan IP dengan biaya yang murah.
Hubungan komunikasih suara antara komputer yang tersambung ke komputer dan sofware Voip seperti Netmeeting X-lite dll.saat ini,Voip tidak hanya digunakan untk komunikasi suara antar komputer yang terhubung pada jaringan IP, namun juga diintegrasikan dengan PSTN.

Cara Kerja VOIP
prinsip dasar dari Voip berupa pengiriman sebuah sinyal ke remote destination/tujuan yang dapat dilakukan secara digital,dimana sebelum dilakukan pengiriman data berupa sinyal analog terlebih dahulu diubah kebentuk data digital dengan ADC (digital to analog converter). Begitu juga dengan Voip,digitalisasi voice dalam bentuk voice di penerima.Format digital lebih mudah di kendalikan ataupun proses, dalam hal ini dapat di kompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik.dan data digital lebih tahan terhadap noise dari pada analog.

Kelebihan Voip
Dalam segi biaya Voip jauh lebih murah dari pada tetap menggunakan telepon konvesional namun kita harus terhubung dalam suatu jaringan internet dan kita hanya dikenakan biaya internet saja. Dan Voip juga lebih terasa murahnya saat kita bercakapan dalam hubungan interlocal berbeda dengan telpon kpnvesional yang jumlah biaya keluar sangat berpengaruh dalam tujuan yang akan dituju.

Kekurangan Voip
Kekurangan dalam teknlogi Voip ini yaitu kualitas suara yang tidak jernih,tidak seperti telpon konvesional.Kedua komputer harus terhubung dalam jaringan internet,dan peralatan yang digunakan dalam teknologi Voip ini cukup mahal. 


Mita Anjani,13142023,IF7B1

Suryayusra,M.Kom.,CCNA

informatika,ilmu komputer , universitas Bina Darma

www.bina darma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar