Jumat, 21 Oktober 2016

VOIP Topology Indonesia

VoIP atau Voice over Internet Protocol, masuk ke Indonesia sudah sejak lama,sekitar 10 tahun yang lalu. Penggunaannya semakin meluasketika sekitar tahun 2000-2001 Onno W. Purbo dan rekan-rekan seperjuangan saat ini membangun node-node gatekeeper Voip yang saling terhubung dalam jaringan bernama Voip Merdeka.Junlah node semakin bertambah dalam jaringan voip merdeka pun semakin luas ,sejak saat ini antusiasme masyarakat terhadap teknologi Void kian besar.

Mengikuti jejak VoIP Merdeka, di tahun 2004 Anton Raharja danrekan-rekan ICT Centre Jakarta membangun server VoIP yang kemudiandiberi nama VoIP Rakyat dengan nama domain voiprakyat.net. Berbeda dengan VoIP Merdeka yang merupakan gabungan banyak node-node gatekeeper VoIP, arsitektur VoIP Rakyat memungkinkan hanya menggunakan satu server saja.

VoIP Merdeka berbasis protocol H.323.sedangkan VoIP Rakyat berbasis protocol SIP Domain voiprakyat.net hanya bertahan selama satu tahun. Karena keterbatasan dana domain akhirnya expired dan sulit diperbaharui kembali.Akhir tahun 2005 VoIP Rakyat berganti domain menjadi voiprakyat.or.id. Pembaharuan domain dibarengi dengan berbagai pembaharuan didalam tubuh VoIP Rakyat.

Antara lain penambahan pendukung utama,Onno W. Purbo, rekan-rekan IDC Indonesia, Acer dan beberapa rekan lainbergabung dengan Anton Raharja dan rekan-rekan ICT Centre Jakartadalam tim VoIP Rakyat, serta infrastruktur yang jauh lebih baik antara lain menggunakan komputer server Acer Altos G530 dan terhubung ke jaringanIIX langsung dari lokasi datacenter IDC Indonesia.Dengan jumlah tim pengembang yang bisa dikatakan 'seadanya',VoIP Rakyat berupaya mencapai tujuan utama dibangunnya jaringan iniyaitu memberikan alternatif telekomunikasi murah melalui implementasiteknologi VoIP. website yang penuh informasimanual berbagai aplikasi dan perangkat keras VoIP serta VoIP RakyatCommunicator, yaitu aplikasi desktop dengan fitur Instant Messaging dan VOIP.

TOPOLOGI VOIP 

 

Mita Anjani,13142023,IF7B1

Suryayusra,M.Kom.,CCNA

informatika,ilmu komputer , universitas Bina Darma

www.bina darma.ac.id
                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar